Kelas : PPGT
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan
simbol daerah/lambang korps
|
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan
atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
|
Berbicara
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan
petunjuk penggunaan suatu alat
|
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah
atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan
benar
|
Membaca
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk
pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca
sekilas
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk
pemakaian yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan
informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara
tertulis dalam bentuk percakapan,
petunjuk, cerita, dan surat
|
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai
dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau
penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang
(rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang
pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon
|
6.1 Berbalas pantun dengan
lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui
telepon sesuai dengan isi pesan
|
Membaca
7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca
nyaring, dan membaca pantun
|
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca
intensif
7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan,
pengumuman, dan pantun anak
|
8.1 Menyusun
karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta
memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema
(persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
Kepala suku : apakah engkau yakin wahai anak muda dengan ide itu ??
Setelah beberapa saat, sekolah itu pun dibangun. Kemudian sekolah itupun sukses dengan ide-ide yang dikembangkan oleh pemuuda tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar