Kelas : PPGT
| 
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | 
| 
Mendengarkan 
1.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan
  simbol daerah/lambang korps   | 
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan
  penjelasan yang didengar 
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan
  atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps  | 
| 
Berbicara 
2.      Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan
  petunjuk penggunaan suatu alat | 
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah
  atau gambar dengan kalimat yang runtut 
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan
  benar | 
| 
Membaca 
3.      Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk
  pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi  | 
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca
  sekilas  
3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk
  pemakaian yang dibaca  
3.3 Menemukan makna dan
  informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai  | 
| 
Menulis 
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara
  tertulis dalam bentuk percakapan, 
  petunjuk, cerita, dan surat | 
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai
  dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik) 
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau
  penjelasan tentang cara membuat sesuatu 
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang
  (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu 
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang
  pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
  besar, tanda titik, tanda koma, dll.) | 
| 
Standar Kompetensi | 
Kompetensi Dasar | 
| 
Mendengarkan 
5.      Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun   | 
5.1   Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang dibacakan 
5.2   Menirukan pembacaan pantun anak   dengan lafal dan intonasi yang tepat   | 
| 
Berbicara 
6.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berbalas pantun  dan bertelepon  | 
6.1   Berbalas pantun dengan
  lafal dan intonasi yang tepat 
6.2   Menyampaikan pesan yang diterima melalui
  telepon sesuai dengan isi pesan | 
| 
Membaca 
7.      Memahami teks melalui membaca intensif, membaca
  nyaring, dan membaca pantun | 
7.1   Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui membaca
  intensif     7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3   Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi
  yang tepat | 
| 
Menulis 
8.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan,
  pengumuman, dan pantun anak | 
8.1   Menyusun 
  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
  penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)  
8.2   Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta
  memperhatikan penggunaan ejaan  
8.3   Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema
  (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun | 
Kepala suku : apakah engkau yakin wahai anak muda dengan ide itu ??
Setelah beberapa saat, sekolah itu pun dibangun. Kemudian sekolah itupun sukses dengan ide-ide yang dikembangkan oleh pemuuda tersebut.
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar