| 
     Kegiatan  | 
                                             Deskripsi
  kegiatan  | 
Alokasi Waktu | 
| 
Kegiatan Awal | 
Ø  Siswa menyimak penjelasan guru tentang pelajaran. | 
10x 35 | 
| 
Kegiatan Inti | 
Ø  Siswa saling berkenalan melalui sebuah permainan
  lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar
  (boleh duduk atau berdiri). 
Ø  Permainan dimulai dari dengan siswa memperkenalkan diri,
  ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak....
  kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan
  keras) 
Ø  Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan
  nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain.
  Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
  Lirik lagu “Siapa Namamu” Ciptaan A.T. Mahmud 1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./ Sia pa
  kah na ma mu 5 4 / 3 . / 3 3 /1 . // Na ma ku ............. (sebutkan nama
  anak) 
Ø  Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi
  sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa
  tersebut sambil menyanyi  “Siapakah Namamu”
  menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti
  irama lagunya dan seterusnya. 
Ø  Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal,
  dimulai dari mengenal nama. 
Ø  Siswa mendengarka 
  penjelasan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga
  menggunakan kartu nama. 
Ø  Siswa diminta  membuat kartu nama mereka masing-masing. 
Ø  Siswa dibagikan potongan-potongan karton dengan nama
  masing-masing siswa. 
Ø  Siswa mengamati gambar kartu nama gurunya yang sudah
  dibuat sebelumnya sebagai contoh. 
Ø  Siswa menggunakan untuk menghias dan atau mewarnai
  kartu nama mereka masingmasing. 
Ø  Siswa menggunakan kartu namanya selama berada di
  sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas. | 
5x35 | 
| 
Penutup | 
Ø  Siswa melakukan tanya-jawab
  sesuai dengan materi. 
Ø  Siswa mengerjakan tugas
  evaluasi dari materi. 
Ø  Siswa  mendapat tugas (PR). |  | 
| 
NO | 
  Kriteria | 
           J 
    Baik Sekali | 
            J 
          Baik | 
             J 
          Cukup | 
             J 
Perlu
  Bimbingan | 
| 
1 | 
Kemampuan 
memperkenalkan
  diri | 
Siswa mampu 
menyebutkan
  nama panjang dan nama panggilan | 
Siswa mampu 
menyebutkan
  nama panjang | 
Siswa hanya 
mampu 
menyebutkan
  nama panggilan | 
Siswa belum 
mampu 
memperkenalkan 
diri | 
| 
2 | 
Kemampuan
  menjalankan 
peraturan pada 
permainan | 
Siswa mampu 
Melakukan
  permainan sesuai 
dengan
  instruksi 
tanpa | 
Siswa mampu 
melakukan 
permainan
  sesuai aturan tetapi dengan 
1 kali arahan
  ulang | 
Siswa mampu 
melakukan 
permainan
  sesuai 
aturan, tetapi 
dengan lebih
  dari 1 kali arahan ulang | 
Siswa belum 
mampu
  melakukan 
permainan
  sesuai 
dengan aturan | 
| 
3 | 
Kemampuan
  melakukan 
Gerakan melempar
  dan 
Menangkap | 
Siswa mampu 
melempar dan 
menangkap bola 
dengan akurat
  (tidak pernah meleset) | 
Siswa melempar 
dan menangkap 
bola, tetapi
  1-2 kali meleset | 
Siswa melempar
  dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset | 
Siswa belum 
mampu melempar 
dan menangkap 
bola | 
| 
NO | 
Kriteria | 
J 
Baik Sekali 
4 | 
J 
Baik 
3 | 
J 
Cukup 
2 | 
J 
Perlu Bimbingan | 
| 
1 | 
Komponen 
kartu nama | 
Memenuhi 3 
komponen (gambar 
atau foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik) | 
Memenuhi 2 dari 3 
Komponen | 
Hanya memenuhi 1 
dari 3 komponen | 
Tidak memenuhi 3 komponen | 
| 
2 | 
Jumlah warna yang digunakan | 
Menggunakan 4 warna atau lebih | 
Menggunakan 3 
Warna | 
Menggunakan 2 warna | 
Menggunakan 1 warna | 
| 
NO | 
Kriteria | 
Terlihat | 
Belum Terlihat | 
| 
1. | 
Mampu
  mengikuti instruksi guru |  |  | 
| 
2. | 
Terlibat aktif
  dalam permainan |  |  | 
| 
3. | 
Santun dalam
  memperkenalkan diri |  |  | 
| 
4. | 
Santun dalam
  menyebut nama teman  |  |  | 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar