Get me outta here!

Senin, 23 Desember 2013

RPP KURIKULUM 2013 SUB TEMA AKU DAN TEMAN BARU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN PPGT II
Tema                           : Diriku
Sub Tema                    : Aku dan teman baru
Pembelajara                 : I
Kelas/Semester            : 1/1
Alokasi Waktu            : 5 x 35 Menit

A.    Kompetensi Inti

1.         Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar

v  PPKn

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

            Indikator

4.2.1 Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
                

v  PJOK

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

           Indikator
  4.3.1   Melakukan gerakan melempar.
4.3.2    Melakukan gerakan menangkap.

v  Bahasa Indonesia
4.4              Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

    Indikator

4.4.1        Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
4.4.2        Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
4.4.3        Menyebutkan nama temannya.

v  SBDP
4.1              Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

         Indikator

4.1.1        Memberi hiasan pada kartu nama


C.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri denga menyebutkan nama panggilan secara benar.
2.      Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

D.    Materi Ajar

1.      Mengenal teman baru.
2.      Menghias kartu nama.
3.      Gerak manipulatif : Lempar tangkap bola dalam bentuk permainan.







E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran

·         Pendekatan                 : Scientific     
·         Metode                         : Tanya jawab, diskusi dan bermain peran.

F.      Sumber Belajar :

Ø  Buku Guru, Tema 1 Diriku, Sub Tema Aku dan Teman Baru, Hak Cipta © 2013 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Halaman 1-7
Ø  Buku Siswa, Tema 1 Diriku, Sub Tema Aku dan Teman Baru Hak Cipta © 2013 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Halaman 1-4




































G.    Langkah-langkah Pebelajaran

     Kegiatan
                                             Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
Ø  Siswa menyimak penjelasan guru tentang pelajaran.
10x 35

















Kegiatan Inti
Ø  Siswa saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
Ø  Permainan dimulai dari dengan siswa memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
Ø  Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Lirik lagu “Siapa Namamu” Ciptaan A.T. Mahmud 1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./ Sia pa kah na ma mu 5 4 / 3 . / 3 3 /1 . // Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)
Ø  Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi  “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
Ø  Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
Ø  Siswa mendengarka  penjelasan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
Ø  Siswa diminta  membuat kartu nama mereka masing-masing.
Ø  Siswa dibagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
Ø  Siswa mengamati gambar kartu nama gurunya yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
Ø  Siswa menggunakan untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
Ø  Siswa menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.


















5x35

Penutup
Ø  Siswa melakukan tanya-jawab sesuai dengan materi.
Ø  Siswa mengerjakan tugas evaluasi dari materi.
Ø  Siswa  mendapat tugas (PR).






H.    Media dan alat pembelajaran

a.       Bahan perkenalan.

1.      Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
b.      Bahan membuat kartu nama

1.      Karton kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa.
2.      Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
3.      Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama


I.       Penilaian

v  Penilaian Unjuk Kerja (Memperkenalkan diri dengan permainan)
v  Penilaian Unjuk Kerja (Membuatkartu Nama)
v  Penilaian Sikap


( instrumen penilaian terampil )











                                                                                                Jakarta, 23 November 2013
       Kepala Sekolah                                                                                      Guru Kelas



(………………………)                                                                      (………………………)




Lampiran dan Prosedur Instrumen Penilaian
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik memperkenalkan diri dengan permainann.

NO
    
  Kriteria
           J
    Baik Sekali
            J
          Baik
             J
          Cukup
             J
Perlu Bimbingan
1
Kemampuan
memperkenalkan diri
Siswa mampu
menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
Siswa mampu
menyebutkan nama panjang
Siswa hanya
mampu
menyebutkan nama panggilan
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
2
Kemampuan menjalankan
peraturan pada
permainan
Siswa mampu
Melakukan permainan sesuai
dengan instruksi
tanpa
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
Siswa belum
mampu melakukan
permainan sesuai
dengan aturan
3
Kemampuan melakukan
Gerakan melempar dan
Menangkap
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat (tidak pernah meleset)
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali meleset
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola

          
v  Rubrik membuat kartu nama.


NO

Kriteria
J
Baik Sekali
4
J
Baik
3
J
Cukup
2
J
Perlu Bimbingan
1
Komponen
kartu nama
Memenuhi 3
komponen (gambar
atau foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
Memenuhi 2 dari 3
Komponen
Hanya memenuhi 1
dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3 komponen
2
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna atau lebih
Menggunakan 3
Warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna


NO
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
1.
Mampu mengikuti instruksi guru


2.
Terlibat aktif dalam permainan


3.
Santun dalam memperkenalkan diri


4.
Santun dalam menyebut nama teman





Evaluasi :

1.      Mengapa kita perlu saling kenal mengenal ?
2.      Apa manfaat kita saling kenal-mengenal ?
3.      Mengapa kita perlu menggunakan kartu nama ?

0 komentar:

Posting Komentar