RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PPGT II
Tema : Diriku
Sub Tema :
Aku dan teman baru
Pembelajara : I
Kelas/Semester : 1/1
Alokasi Waktu : 5 x 35 Menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
v PPKn
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Indikator
4.2.1 Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah
v PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
Indikator
4.3.1 Melakukan gerakan melempar.
4.3.2 Melakukan gerakan
menangkap.
v Bahasa Indonesia
4.4
Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator
4.4.1
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama lengkap.
4.4.2
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama panggilan.
4.4.3
Menyebutkan
nama temannya.
v SBDP
4.1
Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
Indikator
4.1.1
Memberi
hiasan pada kartu nama
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat
memperkenalkan diri denga menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan
nama lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
menghias kartu nama dengan rapi.
D.
Materi Ajar
1. Mengenal teman baru.
2. Menghias kartu nama.
3. Gerak manipulatif : Lempar tangkap bola dalam bentuk
permainan.
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
·
Pendekatan : Scientific
·
Metode : Tanya jawab, diskusi dan bermain peran.
F. Sumber Belajar :
Ø
Buku Guru, Tema 1 Diriku, Sub Tema Aku dan Teman Baru, Hak Cipta © 2013 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Halaman 1-7
Ø
Buku Siswa, Tema 1 Diriku, Sub Tema Aku dan Teman Baru Hak Cipta © 2013 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Halaman
1-4
G.
Langkah-langkah Pebelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Ø Siswa menyimak penjelasan guru tentang pelajaran.
|
10x 35
|
Kegiatan Inti
|
Ø Siswa saling berkenalan melalui sebuah permainan
lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar
(boleh duduk atau berdiri).
Ø Permainan dimulai dari dengan siswa memperkenalkan diri,
”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak....
kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan
keras)
Ø Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain.
Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
Lirik lagu “Siapa Namamu” Ciptaan A.T. Mahmud 1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./ Sia pa
kah na ma mu 5 4 / 3 . / 3 3 /1 . // Na ma ku ............. (sebutkan nama
anak)
Ø Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi
sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa
tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu”
menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti
irama lagunya dan seterusnya.
Ø Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal,
dimulai dari mengenal nama.
Ø Siswa mendengarka
penjelasan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga
menggunakan kartu nama.
Ø Siswa diminta membuat kartu nama mereka masing-masing.
Ø Siswa dibagikan potongan-potongan karton dengan nama
masing-masing siswa.
Ø Siswa mengamati gambar kartu nama gurunya yang sudah
dibuat sebelumnya sebagai contoh.
Ø Siswa menggunakan untuk menghias dan atau mewarnai
kartu nama mereka masingmasing.
Ø Siswa menggunakan kartu namanya selama berada di
sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
|
5x35
|
Penutup
|
Ø Siswa melakukan tanya-jawab
sesuai dengan materi.
Ø Siswa mengerjakan tugas
evaluasi dari materi.
Ø Siswa mendapat tugas (PR).
|
|
H.
Media dan alat pembelajaran
a.
Bahan perkenalan.
1.
Bola plastik
atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
b. Bahan membuat kartu nama
1.
Karton kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa.
2.
Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
3.
Tali/peniti/alat
lain untuk memasangkan kartu nama
I.
Penilaian
v Penilaian Unjuk Kerja
(Memperkenalkan diri dengan permainan)
v Penilaian Unjuk Kerja
(Membuatkartu Nama)
v Penilaian Sikap
( instrumen penilaian terampil )
Jakarta, 23 November 2013
Kepala Sekolah
Guru Kelas
(………………………) (………………………)
Lampiran dan Prosedur Instrumen Penilaian
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik memperkenalkan diri dengan permainann.
NO
|
Kriteria
|
J
Baik Sekali
|
J
Baik
|
J
Cukup
|
J
Perlu
Bimbingan
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan
diri
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama panjang dan nama panggilan
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama panjang
|
Siswa hanya
mampu
menyebutkan
nama panggilan
|
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
|
2
|
Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan
|
Siswa mampu
Melakukan
permainan sesuai
dengan
instruksi
tanpa
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan tetapi dengan
1 kali arahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih
dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum
mampu
melakukan
permainan
sesuai
dengan aturan
|
3
|
Kemampuan
melakukan
Gerakan melempar
dan
Menangkap
|
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat
(tidak pernah meleset)
|
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi
1-2 kali meleset
|
Siswa melempar
dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
|
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola
|
v
Rubrik
membuat kartu nama.
NO
|
Kriteria
|
J
Baik Sekali
4
|
J
Baik
3
|
J
Cukup
2
|
J
Perlu Bimbingan
|
1
|
Komponen
kartu nama
|
Memenuhi 3
komponen (gambar
atau foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3
Komponen
|
Hanya memenuhi 1
dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3
Warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
NO
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
1.
|
Mampu
mengikuti instruksi guru
|
|
|
2.
|
Terlibat aktif
dalam permainan
|
|
|
3.
|
Santun dalam
memperkenalkan diri
|
|
|
4.
|
Santun dalam
menyebut nama teman
|
|
|
Evaluasi :
1.
Mengapa kita perlu saling kenal mengenal ?
2.
Apa manfaat kita saling kenal-mengenal ?
3.
Mengapa kita perlu menggunakan kartu nama ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar