Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
|
MINGGU 1
|
|
|
||
PPKn
Menyajikan
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4)
|
· Menunjukkan
contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa
percaya diri
|
· Mencari
informasi dari
berbagai sumber dan media tentang contoh perilaku
yang mencerminkan bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan,
tata tertib, tradisi dan adat dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah dengan rasa tanggungjawab
· Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga
Penilaian
·
Tertulis: tentang
contoh bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah
dan keluarga
·
Pengamatan terhadap
perilaku peserta didik di kelas
|
6 jp
|
Buku
tematik kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
· Menerima Bahasa
Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan
bangsa
|
· Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada guru dan teman di
sekolah
· Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang tua, dan
anggota keluarga di rumah
|
· Menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan
pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga
· Bermain peran menyarankan kepada teman untuk
menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaanya
kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga
Penilaian
Unjuk
kerja:
· Menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan
pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman, dan anggota keluarga
|
2 jp
|
Buku
tematik kelas IV
|
||
·
Berperilaku hemat energi
dalam kehidupan sehari-hari (KI2)
|
· Menunjukkan perilaku hemat energi (mematikan lampu
yang tidak terpakai, mematikan TV yang tidak ditonton, mematikan kran air
bila tidak dipakai)
|
· Mencari/membaca teks/ yang berisi informasi tentang
sumber-sumber energi utama di Indonesia (minyak bumi, gas, batubara)
· Mendiskusikan bahwa sumber-sumber energi tsb tidak
terbarukan,maka perlu dihemat
· Mendata cara-cara melakukan hemat energi/listrik di
rumahnya (mematikan lampu yang tidak terpakai, mematikan TV yang tidak
ditonton)
· Melakukan perilaku hemat energi di rumah dan di
sekolah dengan cara menandai pada daftar perilaku hemat energi seperti yang
sudah didiskusikan
Penilaian
Pengamatan:
perilaku hemat energi
|
5 jp
|
Buku
tematik kelas IV
|
||
· Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
· Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai
isi teks bacaan
· Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang
ada dalam teks bacaan
|
· Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Hemat
Energi”
· Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
bacaan
· Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk
saling menjawab
· Menentukan dan menulis gagasan pokok
paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan
· Mengomentari gagasan pokok yang ditulis teman
Penilaian
Tes
tertulis
· Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
· Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
3 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
||
Matematika
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
beraturan tertentu (K4)
|
·
Menghitung luas
daerah dari bangun datar yang akan
dipasang ubin
|
·
Melakukan
pengukuran lantai ruang kelasnya secara kelompok
·
Mendiskusikan hasil
pengukuran dalam kelompok
·
Membuat laporan
tentang hasil kerja kelompok terkait dengan luas daerah yang diukur,
dilanjutkan presentasi kelompok
Penilaian
·
Unjuk kerja: ketika
siswa melakukan praktik pengukuran
·
Tertulis:
penguasaan konsep luas
|
6 jp
|
· Buku tematik kelas IV
· Alat ukur panjang
|
||
PENJASORKES
Menghargai tubuh sebagai anugrah
Tuhan yang tidak ternilai
Memiliki perilaku hidup sehat
Memahami cara pengukuran tinggi dan
berat badan ideal
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan
dan atau tradisional
|
Menjaga kebersihan tubuh
Menerapkan perilaku hidup sehat di
sekolah
Mengukur tinggi badan mengunakan
ukuran cm
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
|
Mengidentifikasi kebersihan badan
dengan daftar cek lis
Menggunakan jamban dengan bersih dan
sehat
Mengukur tinggi badan menggunakan
ukuran cm menggunakan alat “meteran” dan mencatat hasilnya dilakukan secara
berpasangan dengan menunjukkan perilaku kerjasama
Berjalan membawa benda yang
diletakkan di kepala menunjukkan disiplin
Penilaian
:
Unjuk kerja :
berjalan membawa benda di kepala dan hasil karya anak
Hasil karya peserta didik
Pengamatan
perilaku
|
4JP
|
Meteran
Kaus kaki yang diisi dengan
biji-bijian
Buku pengangan siswa
|
||
Seni
Budaya dan Prakarya
Berani mengekspresikan
diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
(KI 2)
|
·
Menunjukkan rasa percaya diri untuk
berkarya
·
Menunjukkan keberanian mencoba untuk
berkarya sesuai tema “Hemat Energi”
·
Menunjukan kebebasan dalam berkarya
|
·
Membuat karya melalui gambar, nyanyian,
tarian, atau karya kreatif yang bertema “Hemat Energi”
·
Menampilkan tarian, nyanyi atau karya
sendiri dengan percaya diri di depan kelas
Penilaian
·
Pengamatan: keberanian mengekspresikan dan menampilkan
karya
|
6
jp
|
·
Buku Tematik kelas
IV
·
Karya
·
Buku Pengambangan
diri anak
|
||
|
|
MINGGU 2
|
|
|
||
PPKn
Menyajikan
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4)
|
· Menunjukkan
contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa
percaya diri
|
· Mencari
informasi dari
berbagai sumber dan media tentang contoh perilaku
yang mencerminkan bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan,
tata tertib, tradisi dan adat dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat dengan rasa
tanggungjawab
· Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di masyarakat
Penilaian
·
Tertulis: tentang
contoh bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
tradisi,dan adat dalam kehidupan di masyarakat
·
Pengamatan terhadap
perilaku peserta didik di kelas
|
6 jp
|
Buku
tematik kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Menyelidiki hubungan antara gaya, gerak,
dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan
hasil penyelidikan secara tertulis
|
·
Menjelaskan pengetian gaya gravitasi
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya
gravitasi
·
Menjelaskan pengertian gaya gesekan
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya
gesekan.
·
Menjelaskan pengertian gaya listrik
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya listrik
·
Menjelaskan pengertian gaya magnet
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya magnet.
·
Menjelaskan pengertian gaya pegas
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya pegas
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang menggunakan gaya untuk
mengubah bentuk benda.
·
Mendeskripsikan pengaruh gaya pada gerak suatu benda.
·
Mengemukakan contoh peristiwa yang menggunakan gaya untuk
mengubah gerak suatu benda.
·
Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya gravitasi dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya gesekan dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh kerugian yang dapat ditimbulkan oleh gaya
gesekan
·
Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya magnet dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya pegas dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari
|
GAYA
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati gerak benda lepas yang selalu kembali jatuh ke bawah.
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati perbedaan gerak benda di permukaan licin dan kasar.
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara menarik potongan kertas kecil dengan menggunakan sisir
setelah digosok ke rambut, menggunakan
balon setelah digosok ke baju, menggunakan batang plastik setelah
digosok kain wool, atau menggunakan batang kaca setelah digosok kain sutra.
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara memilih benda yang terbuat dari besi dengan menggunakan
magnet.
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara kerja
loncatan bolpoint, cara kerja ketapel, dan
cara kerja busur pemanah mainan.
PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BENDA
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara mengubah bentuk benda yang terbuat dari tanah liat atau
plastisin agar sesuai dengan yang diinginkan.
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara mengubah kelajuan dan arah gerak sepeda agar sesuai
dengan yang diinginkan.
·
Mengamati cara
mengalirkan air dengan menggunakan model menara air yang ada di suatu rumah
·
Mengamati cara
pemulung untuk mencari paku yang bertebaran di jalanan raya.
Mengamati cara kerja pistol mainan yang dapat menembakkan
peluru, atau cara menggerakkan mobil mainan yang menggunakan pegas atau per.
Penilaian
Produk disain
Tertulis: pemahaman tentang konsep gaya, gerak
dan energi
|
6 jp
|
·
Buku tematik kelas
IV
·
Buku Percobaan
|
||
Bahasa Indonesia
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar
|
·
Menyebutkan
bagian-bagian surat pribadi.
·
Menulis
surat pribadi tentang pengalaman/cita-cita dengan gaya penceritaan yang
menarik dan penggunaan EYD yang tepat
|
·
Membaca contoh surat pribadi
· Mengidentifikasi dan mencatat
bagian-bagian dalam surat pribadi.
· Menulis surat pribadi tentang ajakan untuk selalu berhemat energi berdasarkan
bagian-bagian yang telah dicatat dengan memperhatikan ejaan yang tepat
· Membacakan surat dan bertanya jawab mengenai isi
surat
Penilaian
Produk:
surat pribadi dengan kriteria penilaian meliputi penggunaan
ejaan yang tepat dan kesesuaian bagian-bagian dalam surat pribadi
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas
IV
|
||
Matematika
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
beraturan tertentu (K4)
|
·
Menentukan
banyaknya ubin untuk menutup luas daerah yang telah ditentukan
|
·
Mengukur luas
sebuah ruangan/halaman/lapangan untuk menentukan banyaknya ubin yang
diperlukan untuk menutup luas daerah yang telah diukur luasnya
·
Mendiskusikan hasil
perhitungan dalam kelompok
·
Membuat laporan
hasil kerja kelompok terkait perhitungan yang dilakukan dan dilanjutkan
dengan presentasi kelompok
Penilaian
·
Unjuk kerja: ketika
siswa melakukan praktik pengukuran dan perhitungan
·
Tertulis:
penguasaan konsep luas dan pembagian
|
6 jp
|
· Buku tematik kelas IV
· Alat ukur panjang
|
||
Seni
Budaya dan Prakarya
Menunjukkan makna gerak
ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah (KI 4)
|
·
Mengidentifikasi gerak tari bertema “Hemat
Energi”
·
Melakukan gerak tari bertema “Hemat Energi” dengan mengacu pada gaya tari daerah
·
Menyajikan gerak tari bertema “Hemat Energi”
|
·
Mendiskusikan gerak tari bertema Hemat
Energi yang mengacu pada gaya tari daerah
·
Memperagakan makna gerak tari ke dalam bentuk tari
bertema Hemat energy dengan mengacu pada gaya tari daerah
Penilaian
Unjuk kerja: melakukan makna gerak tarian bertema
Hemat Energi dengan mengacu pada gaya tari daerah
|
6 jp
|
· VCD
· Buku tematik kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami pengaruh
aktivitas fisik dan istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
|
Menyebutkan pengaruh istirahat
terhadap pertumbuhan dan perkembangan secara sederhana
Memperagakan
kombinasi gerak dasar lari
Menerapkan variasi dan
kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Mendiskusikan pengaruh istirahat
terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara berkelompok
Berlari ke depan dengan mengangkat
paha rata-rata air
Lomba lari cepat memindahkan benda
dengan menunjukkan sportifitas
Menangkap bola memantul dengan satu
/dua tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama,
percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Penilaian
:
Tertulis: menyebutkan pengaruh istirahat terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
Unjuk kerja : lari mengangkat paha, lari cepat, dan menangkap bola
Pengamatan
perilaku
|
|
·
|
||
|
|
MINGGU 3
|
|
|
||
PPKn
Menyajikan
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4)
|
· Melaksanakan
bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan
di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa tanggungjawab
|
· Melakukan permainan peran tentang pelaksanaan bentuk kepatuhan
terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di
sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri
· Mendiskusikan
tindak lanjut dari permainan peran tentang bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata
tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat di sekitar
Penilaian
·
Tertulis:
bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
dalam dalam permainan
·
Pengamatan terhadap
perilaku dalam memainkan peran
|
6 jp
|
Buku
tematik kelas IV
|
||
Bahasa Indonesia
Menyelidiki hubungan antara gaya, gerak,
dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan
hasil penyelidikan secara tertulis
|
·
Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana.
·
Menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
·
Membedakan tuas jenis 1, 2, dan 3
·
Mengemukakan contoh penggunaan tuas jenis 1dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh penggunaan tuas jenis 2dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh penggunaan katrol tetap dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh penggunaan katrol bergerak dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengemukakan contoh penggunaan prinsip bidang miring dalam
kehidupan sehari-hari
|
PESAWAT SEDERHANA
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara menggunakan tuas jenis 1, 2, dan 3 sehingga dapat
memudahkan kerja.
·
Berdiskusi untuk dapat
memilih berbagai alat yang cara
kerjanya seperti tuas jenis 1, 2, dan 3.
·
Melakukan percobaan
untuk mengamati cara menggunakan katrol tetap dan katrol bergerak sehingga
dapat memudahkan kerja.
Melakukan percobaan untuk mengamati cara penggunaan bidang
miring sehingga dapat memudahkan kerja.
Kegitan proyek: Merancang
mesin impian dan menentukan sumber energinya
Penilaian
Produk pesawat sederhana
Tertulis: pemahaman konsep tentang pesawat sederhana
|
6 jp
|
·
Buku tematik kelas
IV
·
Buku Percobaan
|
||
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
pengumuman yang dibacakan, dialog yang mengandung tawaran, larangan, teguran, pemberitahuan dan menuliskan kembali intinya
dalam satu atau dua kalimat
|
·
Menyebutkan isi
kalimat pengumuman
|
·
Menyimak pembacaan
teks yang berisi pengumuman dan mencatat isinya
·
Mencatat pokok-pokok
isi pengumuman
·
Mengungkapkan kembali
isi pengumuman
·
Mengomentari ungkapan
pengumuman teman
Penilaian :
Unjuk kerja:
Menyampaikan kalimat pengumuman dengan kalimat yang jelas dan sesuai
dengan isi pengumuman
|
4 jp
|
Buku
Tematik Kelas IV
Contoh pengumuman
|
||
Matematika
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
beraturan tertentu (K4)
|
·
Menentukan banyak
ubin segibanyak beraturan pada luas
daerah tertentu
|
·
Menggambar
pengubinan yang sudah diketahui luas daerah dan banyaknya ubin
·
Menggambar
pengubinan menggunakan segibanyak beraturan (segi empat, segi lima, dan segi
enam)
·
Menentukan
banyaknya ubin segibanyak yang diperlukan untuk menutup luas daerah tertentu
Penilaian
·
Unjuk kerja: ketika
siswa melakukan praktik pengubinan
·
Tertulis: menaksir
jumlah ubin segi banyak yang digunakan untuk menutup luas daerah tertentu
|
6 jp
|
· Buku tematik kelas IV
· Alat ukur panjang
|
||
Seni Budaya dan Prakarya
Membuat karya kreatif
cara meronce dengan bahan alam dan
buatan di lingkungan (KI 4)
|
·
Memilih
benda-benda bekas pakai/limbah/daur ulang untuk dijadikan bahan
roncean
·
Membuat rancangan roncean dari
benda-benda bekas pakai/limbah/daur ulang menjadi karya ronce
·
Memilih warna yang serasi dalam membuat
karya ronce
·
Membuat hasil karya sebuah roncean dari
rancangan yang dibuatnya
|
·
Memilih benda-benda bekas
pakai/limbah/daur ulang untuk dijadikan bahan roncean
·
Merangkai benda-benda bekas
pakai/limbah/daur ulang menjadi karya ronce
Penilaian
·
Proses: cara membuat karya ronce
·
Hasil karya: desain dan karya ronce
|
6 jp
|
Buku
tematik kelas IV
|
||
PENJASORKES
Memahami jenis cidera selama
melakukan aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama
Mempraktikkan berbagai aktivitas
kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
Mempraktikkan kombinasi pola gerak
dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand
stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis
dan dinamis, tumpuan dan gantungan
(misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan
Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal
yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Menyebutkan penyebab cidera
Memperagakan
aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan tubuh
Memperagakan teknik
dasar senam
Memperagakan pola
gerak dasar berirama pada teknik dasar senam berirama melangkah,
mengayun, meliuk
|
Mendiskusikan penyebab cidera,
misalnya karena gerakan salah, alat yang tidak sesuai dengan perkembangan
atau yang lainnya
Membaca hasil pengukuran berat badan
sendiri
Memperagkan gerak kopstand secara
mandiri
Mempraktikkan gerak langkah
sentuh ke berbagai arah beriarama
secara individu, berpasangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan selama melakukan
aktivitas
Penilaian:
Tertulis: menyebutkan
penyebab cidera, hasil pengukuran berat badan
Unjuk kerja: kopstand dan gerak langkah sentuh berirama
Pengamatan perilaku
|
4 JP
|
Buku
Pluit
|
||
Rabu, 19 Februari 2014
SILABUS Kelas IV Tema 4 : Selalu Berhemat Energi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Posted by Latahzan10blogspot.com on 02.15 with No comments
SILABUS
Kelas IV
Tema
4 : Selalu Berhemat Energi
Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
IV
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Langganan:
Postingan (Atom)