 Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah| 
Mata
   Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Alokasi
   Waktu | 
Sumber
   Belajar | ||
|  |  | 
MINGGU 1 |  |  | ||
| 
PPKn 
Menyajikan
  bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
  dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4) | 
·      Menunjukkan
  contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
  dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa
  percaya diri | 
·      Mencari
  informasi dari
  berbagai sumber dan media tentang contoh perilaku
  yang mencerminkan bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan,
  tata tertib, tradisi dan adat dalam kehidupan sehari-hari di
  rumah dan sekolah dengan rasa tanggungjawab 
·      Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
  kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga 
Penilaian 
·        
  Tertulis: tentang
  contoh bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
  tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah
  dan keluarga 
·        
  Pengamatan terhadap
  perilaku peserta didik di kelas | 
6 jp | 
Buku
  tematik kelas IV | ||
| 
Bahasa Indonesia 
·      Menerima Bahasa
  Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan
  bangsa | 
·     Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa
  Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada guru dan teman di
  sekolah 
·     Menunjukkan perilaku senang menggunakan Bahasa
  Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang tua, dan
  anggota keluarga di rumah | 
·     Menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan
  pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga 
·     Bermain peran menyarankan kepada teman untuk
  menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaanya
  kepada orang tua, guru, teman dan anggota keluarga 
Penilaian 
Unjuk
  kerja:  
·     Menggunakan Bahasa Indonesia dalam mengungkapkan
  pikiran dan perasaannya kepada orang tua, guru, teman, dan anggota keluarga | 
2 jp | 
Buku
  tematik kelas IV | ||
| 
·     
  Berperilaku hemat energi
  dalam kehidupan sehari-hari (KI2) | 
·       Menunjukkan perilaku hemat energi (mematikan lampu
  yang tidak terpakai, mematikan TV yang tidak ditonton, mematikan kran air
  bila tidak dipakai) | 
·       Mencari/membaca teks/ yang berisi informasi tentang
  sumber-sumber energi utama di Indonesia (minyak bumi, gas, batubara) 
·       Mendiskusikan bahwa sumber-sumber energi tsb tidak
  terbarukan,maka perlu dihemat  
·       Mendata cara-cara melakukan hemat energi/listrik di
  rumahnya (mematikan lampu yang tidak terpakai, mematikan TV yang tidak
  ditonton) 
·       Melakukan perilaku hemat energi di rumah dan di
  sekolah dengan cara menandai pada daftar perilaku hemat energi seperti yang
  sudah didiskusikan 
Penilaian 
Pengamatan:
  perilaku hemat energi | 
5 jp | 
Buku
  tematik kelas IV | ||
| 
·      Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok | 
·      Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai
  isi teks bacaan 
·      Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang
  ada dalam teks bacaan | 
·      Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Hemat
  Energi”  
·      Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
  bacaan 
·      Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk
  saling menjawab 
·      Menentukan dan menulis gagasan pokok
  paragraf-paragraf yang ada di dalam teks bacaan 
·      Mengomentari gagasan pokok yang ditulis teman 
Penilaian 
Tes
  tertulis 
·      Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan 
·      Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf | 
3 jp | 
Buku tematik kelas IV | ||
| 
Matematika 
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
  beraturan tertentu (K4) | 
·     
  Menghitung luas
  daerah  dari bangun datar yang akan
  dipasang ubin | 
·        
  Melakukan
  pengukuran lantai ruang kelasnya secara kelompok 
·        
  Mendiskusikan hasil
  pengukuran dalam kelompok 
·        
  Membuat laporan
  tentang hasil kerja kelompok terkait dengan luas daerah yang diukur,
  dilanjutkan presentasi kelompok 
Penilaian 
·        
  Unjuk kerja: ketika
  siswa melakukan praktik pengukuran 
·        
  Tertulis:
  penguasaan konsep luas | 
6 jp | 
·   Buku tematik kelas IV 
·   Alat ukur panjang | ||
| 
PENJASORKES 
Menghargai tubuh sebagai anugrah
  Tuhan yang tidak ternilai 
Memiliki perilaku hidup sehat 
Memahami cara pengukuran tinggi dan
  berat badan ideal 
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari 
  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan  
dan atau tradisional  | 
Menjaga kebersihan tubuh 
Menerapkan perilaku hidup sehat di
  sekolah 
Mengukur tinggi badan mengunakan
  ukuran cm 
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan  | 
Mengidentifikasi kebersihan badan
  dengan daftar cek lis 
Menggunakan jamban dengan bersih dan
  sehat 
Mengukur tinggi badan menggunakan
  ukuran cm menggunakan alat “meteran” dan mencatat hasilnya dilakukan secara
  berpasangan dengan menunjukkan perilaku kerjasama 
Berjalan membawa benda yang
  diletakkan di kepala menunjukkan disiplin 
Penilaian
  :  
Unjuk kerja :
  berjalan membawa benda di kepala dan hasil karya anak 
Hasil karya peserta didik 
Pengamatan
  perilaku | 
4JP | 
Meteran 
Kaus kaki yang diisi dengan
  biji-bijian 
Buku pengangan siswa | ||
| 
Seni
  Budaya dan Prakarya  
Berani  mengekspresikan
  diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari 
  (KI 2) | 
·        
  Menunjukkan rasa percaya diri untuk
  berkarya 
·        
  Menunjukkan keberanian mencoba untuk
  berkarya sesuai tema “Hemat Energi” 
·        
  Menunjukan kebebasan dalam berkarya | 
·        
  Membuat karya melalui gambar, nyanyian,
  tarian, atau karya kreatif yang bertema “Hemat Energi” 
·        
  Menampilkan tarian, nyanyi atau karya
  sendiri dengan percaya diri di depan kelas 
Penilaian 
·        
  Pengamatan: keberanian mengekspresikan dan menampilkan
  karya  | 
6
  jp | 
·  
  Buku Tematik kelas
  IV 
·  
  Karya 
·  
  Buku Pengambangan
  diri anak  | ||
|  |  | 
MINGGU 2 |  |  | ||
| 
PPKn 
Menyajikan
  bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
  dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4) | 
·      Menunjukkan
  contoh bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
  dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa
  percaya diri | 
·      Mencari
  informasi dari
  berbagai sumber dan media tentang contoh perilaku
  yang mencerminkan bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan,
  tata tertib, tradisi dan adat dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat dengan rasa
  tanggungjawab 
·      Mendiskusikan bentuk-bentuk kepatuhan terhadap
  kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di masyarakat 
Penilaian 
·        
  Tertulis: tentang
  contoh bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib,
  tradisi,dan adat dalam kehidupan di masyarakat 
·        
  Pengamatan terhadap
  perilaku peserta didik di kelas | 
6 jp | 
Buku
  tematik kelas IV | ||
| 
Bahasa Indonesia 
Menyelidiki hubungan antara  gaya, gerak,
  dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan
  hasil penyelidikan secara tertulis  | 
·     
  Menjelaskan pengetian gaya gravitasi 
·     
  Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya
  gravitasi 
·     
  Menjelaskan pengertian gaya gesekan 
·     
  Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya
  gesekan.  
·     
  Menjelaskan pengertian gaya listrik 
· 
  Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya listrik 
· 
  Menjelaskan pengertian gaya magnet 
· 
  Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya magnet. 
· 
  Menjelaskan pengertian gaya pegas 
· 
  Mengemukakan contoh peristiwa yang ditimbulkan oleh gaya pegas 
· 
  Mengemukakan contoh peristiwa yang menggunakan gaya untuk
  mengubah bentuk benda. 
· 
  Mendeskripsikan pengaruh gaya pada gerak suatu benda. 
· 
  Mengemukakan contoh peristiwa yang menggunakan gaya untuk
  mengubah gerak suatu benda. 
· 
  Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya gravitasi dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya gesekan dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh kerugian yang dapat ditimbulkan oleh gaya
  gesekan 
· 
  Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya magnet dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya pegas dalam kehidupan
  sehari-hari. 
· 
  Mengemukakan contoh pemanfaatan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari | 
GAYA 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati gerak benda lepas yang selalu kembali jatuh ke bawah. 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati perbedaan gerak benda di permukaan licin dan kasar. 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara menarik potongan kertas kecil dengan menggunakan sisir
  setelah digosok ke rambut, menggunakan 
  balon setelah digosok ke baju, menggunakan batang plastik setelah
  digosok kain wool, atau menggunakan batang kaca setelah digosok kain sutra. 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara memilih benda yang terbuat dari besi dengan menggunakan
  magnet. 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara kerja
  loncatan bolpoint, cara kerja ketapel, dan
  cara kerja busur pemanah mainan.  
PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BENDA 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara mengubah bentuk benda yang terbuat dari tanah liat atau
  plastisin agar sesuai dengan yang diinginkan. 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara mengubah kelajuan dan arah gerak sepeda agar sesuai
  dengan yang diinginkan.  
· 
  Mengamati cara
  mengalirkan air dengan menggunakan model menara air yang ada di suatu rumah  
· 
  Mengamati cara
  pemulung untuk mencari paku yang bertebaran di jalanan raya. 
Mengamati cara kerja pistol mainan yang dapat menembakkan
  peluru, atau cara menggerakkan mobil mainan yang menggunakan pegas atau per. 
Penilaian 
Produk disain 
Tertulis: pemahaman tentang konsep gaya, gerak
  dan energi | 
6 jp | 
·     
  Buku tematik kelas
  IV 
·     
  Buku Percobaan | ||
| 
Bahasa Indonesia 
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
  atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar | 
·   
  Menyebutkan
  bagian-bagian surat pribadi. 
·   
  Menulis
  surat pribadi tentang pengalaman/cita-cita dengan gaya penceritaan yang
  menarik dan penggunaan EYD yang tepat | 
·     
  Membaca contoh surat pribadi  
·      Mengidentifikasi dan mencatat
  bagian-bagian dalam surat pribadi. 
·      Menulis surat pribadi tentang ajakan untuk selalu berhemat energi berdasarkan
  bagian-bagian yang telah dicatat dengan memperhatikan ejaan yang tepat 
·      Membacakan surat dan bertanya jawab mengenai isi
  surat 
Penilaian 
Produk:
   
surat pribadi dengan kriteria penilaian meliputi penggunaan
  ejaan yang tepat dan kesesuaian bagian-bagian dalam surat pribadi | 
4 jp | 
Buku Tematik Kelas
  IV | ||
| 
Matematika 
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
  beraturan tertentu (K4) | 
·     
  Menentukan
  banyaknya ubin untuk menutup luas daerah yang telah ditentukan | 
·        
  Mengukur luas
  sebuah ruangan/halaman/lapangan untuk menentukan banyaknya ubin yang
  diperlukan untuk menutup luas daerah yang telah diukur luasnya 
·        
  Mendiskusikan hasil
  perhitungan dalam kelompok 
·        
  Membuat laporan
  hasil kerja kelompok terkait perhitungan yang dilakukan dan dilanjutkan
  dengan presentasi kelompok 
Penilaian 
·        
  Unjuk kerja: ketika
  siswa melakukan praktik pengukuran dan perhitungan 
·        
  Tertulis:
  penguasaan konsep luas dan pembagian | 
6 jp | 
·   Buku tematik kelas IV 
·   Alat ukur panjang | ||
| 
Seni
  Budaya dan Prakarya  
Menunjukkan makna gerak
  ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah (KI 4) | 
·        
  Mengidentifikasi gerak tari bertema “Hemat
  Energi” 
·        
  Melakukan gerak tari bertema “Hemat Energi”  dengan mengacu pada gaya tari daerah 
·        
  Menyajikan gerak tari bertema “Hemat Energi” | 
·     
  Mendiskusikan gerak tari bertema Hemat
  Energi yang mengacu pada gaya tari daerah 
·     
  Memperagakan makna gerak tari ke dalam bentuk tari
  bertema Hemat energy dengan mengacu pada gaya tari daerah 
Penilaian 
Unjuk kerja: melakukan makna gerak tarian bertema
  Hemat Energi dengan mengacu pada gaya tari daerah  | 
6 jp | 
·   VCD  
·   Buku tematik kelas IV | ||
| 
PENJASORKES 
Memahami pengaruh
  aktivitas fisik dan istirahat terhadap
  pertumbuhan dan perkembangan tubuh 
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar  atletik jalan  dan lari 
  yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
  atau tradisional 
Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola
  gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
  manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil | 
Menyebutkan pengaruh istirahat
  terhadap pertumbuhan dan perkembangan secara sederhana 
Memperagakan
  kombinasi gerak dasar lari 
Menerapkan variasi dan
  kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam  permainan kasti | 
Mendiskusikan pengaruh istirahat
  terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara berkelompok 
Berlari ke depan dengan mengangkat
  paha rata-rata air 
Lomba lari cepat memindahkan benda
  dengan menunjukkan sportifitas 
Menangkap bola memantul dengan satu
  /dua tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama,
  percaya  diri, disiplin,
  toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan 
Penilaian
  :  
Tertulis: menyebutkan pengaruh istirahat terhadap pertumbuhan dan
  perkembangan tubuh 
Unjuk kerja : lari mengangkat paha, lari cepat, dan menangkap bola  
Pengamatan
  perilaku |  | 
·     
    | ||
|  |  | 
MINGGU 3 |  |  | ||
| 
PPKn 
Menyajikan
  bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat
  dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar (KI 4) | 
·      Melaksanakan
  bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan
  di sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa tanggungjawab | 
·      Melakukan permainan peran tentang pelaksanaan bentuk kepatuhan
  terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di
  sekolah,keluarga, dan masyarakat sekitar dengan rasa percaya diri 
·      Mendiskusikan
  tindak lanjut dari permainan peran tentang  bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata
  tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan di sekolah,keluarga, dan masyarakat di sekitar 
Penilaian 
·        
  Tertulis:
  bentuk-bentuk kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat
  dalam dalam permainan 
·        
  Pengamatan terhadap
  perilaku dalam memainkan peran | 
6 jp | 
Buku
  tematik kelas IV | ||
| 
Bahasa Indonesia 
Menyelidiki hubungan antara  gaya, gerak,
  dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan
  hasil penyelidikan secara tertulis  | 
· 
  Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana. 
· 
  Menjelaskan pengertian pesawat sederhana. 
· 
  Membedakan tuas jenis 1, 2, dan 3 
· 
  Mengemukakan contoh penggunaan tuas jenis 1dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh penggunaan tuas jenis 2dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh penggunaan katrol tetap dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh penggunaan katrol bergerak dalam kehidupan
  sehari-hari 
· 
  Mengemukakan contoh penggunaan prinsip bidang miring dalam
  kehidupan sehari-hari | 
PESAWAT SEDERHANA 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara menggunakan tuas jenis 1, 2, dan 3 sehingga dapat
  memudahkan kerja. 
· 
  Berdiskusi untuk dapat
  memilih  berbagai alat yang cara
  kerjanya seperti tuas jenis 1, 2, dan 3. 
· 
  Melakukan percobaan
  untuk mengamati cara menggunakan katrol tetap dan katrol bergerak sehingga
  dapat memudahkan kerja. 
Melakukan percobaan untuk mengamati cara penggunaan bidang
  miring sehingga dapat memudahkan kerja. 
Kegitan proyek: Merancang
  mesin impian dan menentukan sumber energinya 
Penilaian 
Produk pesawat sederhana 
Tertulis: pemahaman konsep tentang pesawat sederhana | 
6 jp | 
·     
  Buku tematik kelas
  IV 
·     
  Buku Percobaan | ||
| 
Bahasa Indonesia 
Mendengarkan
  pengumuman yang dibacakan, dialog yang mengandung tawaran, larangan, teguran, pemberitahuan dan menuliskan kembali intinya
  dalam satu atau dua kalimat | 
·   
  Menyebutkan isi
  kalimat pengumuman  | 
·        
  Menyimak pembacaan
  teks yang berisi pengumuman dan mencatat isinya 
·        
  Mencatat pokok-pokok
  isi pengumuman 
·        
  Mengungkapkan kembali
  isi pengumuman 
·        
  Mengomentari ungkapan
  pengumuman teman 
Penilaian : 
Unjuk kerja:  
Menyampaikan kalimat pengumuman dengan kalimat yang jelas dan sesuai
  dengan isi pengumuman | 
4 jp | 
Buku
  Tematik Kelas IV 
Contoh pengumuman | ||
| 
Matematika 
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
  beraturan tertentu (K4) | 
·     
  Menentukan banyak
  ubin segibanyak beraturan  pada luas
  daerah tertentu | 
·        
  Menggambar
  pengubinan yang sudah diketahui luas daerah dan banyaknya ubin 
·        
  Menggambar
  pengubinan menggunakan segibanyak beraturan (segi empat, segi lima, dan segi
  enam) 
·        
  Menentukan
  banyaknya ubin segibanyak yang diperlukan untuk menutup luas daerah tertentu 
Penilaian 
·        
  Unjuk kerja: ketika
  siswa melakukan praktik pengubinan 
·        
  Tertulis: menaksir
  jumlah ubin segi banyak yang digunakan untuk menutup luas daerah tertentu | 
6 jp | 
·   Buku tematik kelas IV 
·   Alat ukur panjang | ||
| 
Seni Budaya dan Prakarya  
Membuat karya kreatif
  cara meronce dengan bahan alam  dan
  buatan di lingkungan (KI 4) | 
·     
  Memilih 
  benda-benda bekas pakai/limbah/daur ulang untuk dijadikan bahan
  roncean  
·     
  Membuat rancangan roncean dari
  benda-benda bekas pakai/limbah/daur ulang menjadi karya ronce 
·     
  Memilih warna yang serasi dalam membuat
  karya ronce 
·     
  Membuat hasil karya sebuah roncean dari
  rancangan yang dibuatnya | 
·  
  Memilih benda-benda bekas
  pakai/limbah/daur ulang untuk dijadikan bahan roncean  
·  
  Merangkai benda-benda bekas
  pakai/limbah/daur ulang menjadi karya ronce 
Penilaian 
·  
  Proses: cara membuat karya ronce 
·  
  Hasil karya: desain dan karya ronce | 
6 jp | 
Buku
  tematik kelas IV | ||
| 
PENJASORKES 
Memahami jenis cidera selama
  melakukan aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama 
Mempraktikkan berbagai aktivitas
  kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal 
Mempraktikkan kombinasi pola gerak
  dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand
  stand, kayang, dsb) dan  kombinasi pola gerak dominan posisi statis
  dan dinamis,  tumpuan dan gantungan
  (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan 
Mempraktikkan  pola gerak dasar berirama  bertema budaya daerah yang sudah dikenal
  yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik | 
Menyebutkan penyebab cidera 
Memperagakan
  aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan tubuh 
Memperagakan teknik
  dasar senam 
Memperagakan pola
  gerak dasar berirama pada teknik dasar senam  berirama melangkah,
  mengayun, meliuk | 
Mendiskusikan penyebab cidera,
  misalnya karena gerakan salah, alat yang tidak sesuai dengan perkembangan
  atau yang lainnya 
Membaca hasil pengukuran berat badan
  sendiri 
Memperagkan gerak kopstand secara
  mandiri 
Mempraktikkan gerak langkah
  sentuh  ke berbagai arah beriarama
  secara individu, berpasangan/berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
  percaya  diri, disiplin,
  toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan  selama melakukan
  aktivitas 
Penilaian:  
Tertulis: menyebutkan
  penyebab cidera, hasil pengukuran berat badan 
Unjuk kerja: kopstand dan gerak langkah sentuh berirama 
Pengamatan perilaku | 
4 JP | 
Buku 
Pluit | ||
 
 
