Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
siswa berdoa sebelum pembelajaran di mulai
·
siswa menyimak absen kehadiran
·
siswa menyimak tujuan pembelajaran yang akan dipelajari dalam
kegiatan pembelajaran
·
Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kegemaran
menggambar.
Ø siapakah yang gemar
menggambar ?
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
Mengamati:
·
Siswa mengamati gambar lukisan jari, pencerminan dan kolase
·
Siswa menuliskan hasil pengamatan di lembar kerja
Menanya:
·
siswa menanya kepada guru tentang cara-cara melukis yang telah diamati.
·
Siswa bertanya jawab tentang cara-cara melukis dengan sesama teman
sekelas
Mengumpulkan informasi
·
siswa membentuk beberapa kelompok kecil, kemudian melakukan kegiataan
sebagai berikut:
Ø Siswa membasahi ujung jari lalu mengaplikasikannya di atas kertas gambar.
Ø Siswa melakukan diskusi kelompok tentang teknik melukis
dengan jari dan melukis teknik pencerminan
Mengasosiasikan
·
Siswa bersama kelompok menyimpulkan bahwa mereka baru
saja membuat lukisan menggunakan teknik melukis dengan jari.
·
Siswa
bersama kelompok menyimpulkan
hasil percobaan yang telah dilakukan dengan teknik pencerminan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menuju lapangan dengan tertib, sesuai dengan instruksi guru
·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang melukis dengan teknik
kolase secara berkelompok dan
dilakukan sambil bermain.
·
Siswa berbaris rapi di
belakang wadah yang berisi potongan
kertas dan lem berdasar kelompok. Ketika aba-aba tanda mulai dibunyikan,
Ø
siswa terdepan mengambil sehelai
robekan kertas,
Ø
memberinya lem lalu berlari
menuju gambar,
Ø
menempelkan kertas di atas
gambar,
Ø
lalu kembali ke kelompoknya dan
berdiri dibarisan paling belakang.
Ø
Siswa kedua melakukan hal yang sama dengan
siswa pertama,
Ø
dan selanjutnya sampai guru
membunyikan aba-aba tanda permainan usai. Siswa saling memotivasi anggota
kelompoknya.
·
Siswa menempel hasil karya melukis di dinding kelas
·
siswa memperhatikan setiap lukisan yang sudah ditempel
·
siswa menyampaikan kesimpulannya didepan kelas mengenai keberagaman
melukis yang terdapat dikelas
·
kelompok yang terbaik mendapatkan penghargaan dan kelompok yang kurang
baik mendapatkan motivasi dari guru
·
Siswa menyimak penguatan oleh guru tentang pembelajaran yang baru saja
dilaksanakan.
|
155 menit
|
Penutup
|
·
Siswa dan guru merangkum materi yang telah dipelajari dan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
·
Siswa refleksi bersama
guru
·
Siswa berdo’a sebelum kegiatan pembelajaran diakhiri
|
10 menit
|
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Jumlah
lukisan
yang
dihasilkan
|
Kelompok
mampu
menghasilkan
3
atau lebih lukisan
|
Kelompok
mampu
menghasilkan
2
lukisan
|
Kelompok
mampu
menghasilkan
1
lukisan
|
Kelompok
belum mampu
menghasilkan
lukisan
|
2
|
Kemampuan
mencetak
beragam
bentuk
|
Kelompok
mampu
mencetak 3
atau
lebih ragam
bentuk
|
Kelompok
mampu
mencetak 2
ragam
bentuk
|
Kelompok
mampu
mencetak 1
ragam
bentuk
|
Kelompok
belum
mampu mencetak
ragam bentuk
|
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu
bimbingan 1
|
1
|
Kemampuan
melakukan
gerak
lokomotor
(berlari)
|
Koordinasi
gerakan
kaki dan
tangan
sesuai serta
posisi
badan tepat
(tidak
terlalu
condong
ke depan
atau ke
belakang)
|
Koordinasi
gerakan
kaki dan
tangan
sesuai namun
posisi
badan kurang
tepat
|
Koordinasi
gerakan
kaki dan
tangan
kurang
sesuai
namun posisi
badan
tepat
|
Belum mampu
melakukan
gerakan
tari
|
2
|
Luas bidang
penempelan
|
Rangkaian
kolase
ditempel
pada
seluruh pola
gambar
|
Rangkaian
kolase
ditempel
pada
setengah
atau lebih
pola gambar
|
Rangkaian
kolase
ditempel
pada
kurang dari
setengah
pola
gambar
|
Belum mampu
menempel
|
3
|
Kerjasama
kelompok
|
Seluruh
anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Setengah
atau lebih
anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Kurang dari
setegah
anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif
|
Seluruh
anggota
kelompok
terlihat
pasif
|
0 komentar:
Posting Komentar