Get me outta here!

Minggu, 06 April 2014

Pembelajaran Contextual Teaching And Learning/CTL



Nama              : Arif Rahman Hakim
Kelas              : PPGT 2012
MK                 : IPA SD/Ujian Tengah Semester
Pengampuh     : Dra. Yeti Auliaty, M.Pd


A.     Materi Yang Digunakan
Ø  Alat pernafasan burung.
Ø  Kelas : 5
Burung bernapas dengan paru-paru. Selain paru-paru, pernapasan pada burung juga dibantu oleh pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udara ini merupakan alat bantu pernapasan, terutama pada saat terbang. Pada saat terbang, burung menyimpan udara di dalam pundi-pundi tersebut Pada saat burung tidak terbang, pernapasannya dilakukan dengan cara menghirup udara melalui hidung, tenggorok, paru-paru, dan pundi-pundi udara. Pada paru-paru inila terjadi pengikatan oksigen dan pelepasan karbon dioksida serta uap air. Pada saat terbang, burung bernapas dengan cara mengalirkan udara yang ada di dalam pundi-pundi udara melalui gerakan sayapnya. Gerakan kedua sayapnya inilah yang menyebabkan pundi-pundi udara mengembang dan mengempis sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru.

B.     Metode yang digunakan
Ø  Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL)
Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru atau pengajar mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat




C.     Langkah-langkah Pebelajaran

     Kegiatan
                                             Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
Ø  Guru mengucapkan salam waktu masuk kelas
Ø  Guru mengkondidisikan kelas sebelum pembelajaran dimulai agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
Ø  Guru membuka pelajaran dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai.
1 x 35

















Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan materi apa yang akan dipelajari tentang alat pernafasan burung.
Ø  Setelah guru menjelaskan materi tentang   kepada siswa, siswa diajak keluar kelas.
Ø  Siswa dibagi secara perkelompok untuk melakukan pengamatan tentang alat pernafasan burung.
Ø  Siswa membawa LKS (lembar kerja siswa) yang dibagikan guru.
Ø  Siswa melakukan pengamatan untuk mengumpulan informasi-informasi dengan menggunakan semua indera atau memakai alat untuk membantu indera
Ø  Siswa mengamati dan mencatat apa yang mereka temukan tentang alat pernafasan hewan/burung
Ø  Siswa mengamati alat-alat pernafasan burung :
a.                Hidung
b.                Tenggorokan
c.                paru-paru
d.                dan pundi-pundi udara.

Ø  Siswa Menafsirkan pengamatan (interpretasi) Untuk dapat menafsirkan pengamatan, siswa harus dapat mencatat setiap pengamatan tentang alat-alat pernafasan burung.

Ø  Siswa   menghubung-hubungkan pengamatannya sehingga ditemukan pola atau keteraturan dari suatu segi pengamatan yang dilakukannya.
Ø  Siswa  mengelompokkan (klasifikasi) Dalam proses pengelompokan tercakup beberapa kegiatan seperti mencari tahu fungsi dari pundi-pundi udara yang digunakan burung saat terbang.
Ø  Siswa  mencari dasar penggolongan tentang pernafasan hewan/burung.
Ø  Siswa  harus dapat berdiskusi dalam kelompok masing-masing
Ø  Siswa menyusun dan menyampaikan laporan tentang kegiatan yang dilakukannya secara sistematis dan jelas didalam kelas, atau dengan presentasi di depan teman dan guru.
Ø  Siswa juga harus dapat menggambarkan data yang diperolehnya dalam penelitian tentang pernafasan burung.
Ø  Siswa yang lain mengajukan pertanyaan- pertanyaan tentang  alat penafasan burung padda kelompok yang meliti tentang pernafasan burung.
Ø  Siswa menyimpulkan materi penelitian tentang pernafasan burung.

















1x35

Penutup
Ø  Siswa melakukan tanya-jawab sesuai dengan materi.
Ø  Siswa mengerjakan tugas evaluasi dari materi.
Ø  Siswa  mendapat tugas (PR).





0 komentar:

Posting Komentar