Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Ø Siswa menyimak penjelasan guru tentang pelajaran.
|
10x 35
|
Kegiatan Inti
|
Ø Siswa saling berkenalan melalui sebuah permainan
lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar
(boleh duduk atau berdiri).
Ø Permainan dimulai dari dengan siswa memperkenalkan diri,
”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak....
kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan
keras)
Ø Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain.
Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
Lirik lagu “Siapa Namamu” Ciptaan A.T. Mahmud 1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./ Sia pa
kah na ma mu 5 4 / 3 . / 3 3 /1 . // Na ma ku ............. (sebutkan nama
anak)
Ø Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi
sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa
tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu”
menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti
irama lagunya dan seterusnya.
Ø Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal,
dimulai dari mengenal nama.
Ø Siswa mendengarka
penjelasan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga
menggunakan kartu nama.
Ø Siswa diminta membuat kartu nama mereka masing-masing.
Ø Siswa dibagikan potongan-potongan karton dengan nama
masing-masing siswa.
Ø Siswa mengamati gambar kartu nama gurunya yang sudah
dibuat sebelumnya sebagai contoh.
Ø Siswa menggunakan untuk menghias dan atau mewarnai
kartu nama mereka masingmasing.
Ø Siswa menggunakan kartu namanya selama berada di
sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
|
5x35
|
Penutup
|
Ø Siswa melakukan tanya-jawab
sesuai dengan materi.
Ø Siswa mengerjakan tugas
evaluasi dari materi.
Ø Siswa mendapat tugas (PR).
|
|
NO
|
Kriteria
|
J
Baik Sekali
|
J
Baik
|
J
Cukup
|
J
Perlu
Bimbingan
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan
diri
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama panjang dan nama panggilan
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama panjang
|
Siswa hanya
mampu
menyebutkan
nama panggilan
|
Siswa belum
mampu
memperkenalkan
diri
|
2
|
Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan
|
Siswa mampu
Melakukan
permainan sesuai
dengan
instruksi
tanpa
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan tetapi dengan
1 kali arahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih
dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum
mampu
melakukan
permainan
sesuai
dengan aturan
|
3
|
Kemampuan
melakukan
Gerakan melempar
dan
Menangkap
|
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat
(tidak pernah meleset)
|
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi
1-2 kali meleset
|
Siswa melempar
dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
|
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola
|
NO
|
Kriteria
|
J
Baik Sekali
4
|
J
Baik
3
|
J
Cukup
2
|
J
Perlu Bimbingan
|
1
|
Komponen
kartu nama
|
Memenuhi 3
komponen (gambar
atau foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
|
Memenuhi 2 dari 3
Komponen
|
Hanya memenuhi 1
dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3
Warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
NO
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
1.
|
Mampu
mengikuti instruksi guru
|
|
|
2.
|
Terlibat aktif
dalam permainan
|
|
|
3.
|
Santun dalam
memperkenalkan diri
|
|
|
4.
|
Santun dalam
menyebut nama teman
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar