Pages

Selasa, 24 Desember 2013

PANDANGAN SIMEULUE TERHADAP BANGSA



Kabupaten Simeulue adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh, Kabupaten Simeulue berdiri tegar di Samudera Indonesia. Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999, dengan harapan pembangunan semakin ditingkatkan di kawasan ini.
Ibukota Kabupaten Simeulue adalah Sinabang, kalau diucapkan dengan logat daerah adalah Si navang yang berasal dari legenda Navang. Navang adalah si pembuat garam masa dulu di daerah Babang (pintu masuk teluk Sinabang. Dulunya Navang membuat garam dengan membendung air laut yang masuk ke pantai Babang, kemudian dikeringkan lalu menjadilah garam. Garam Navang lambat laun menjadi dikenal di sekitar Ujung Panarusan sampai ke Lugu. Jika penduduk membutuhkan garam, maka mereka akan menuju si Navang, yang lambat laun konsonan 'V' pada Navang berubah menjadi Nabang. Sementara Sibigo ibukota kecamatan Simeulue Barat berasal dari kata/kalimat CV dan Co karena masa-masa penjajahan dulu, Sibigo adalah lokasi perusahaan pengolahan kayu Rasak - sejenis kayu sangat keras setara dengan Jati - yang dikirim ke Belanda via laut.

Karena posisi geografisnya yang terisolasi dari Pulau Sumatera, hiruk-pikuk konflik di Aceh daratan tidak pernah berimbas di kawasan ini, bahkan tidak ada pergerakan GAM di kawasan kepulauan ini. Perkembangan selanjutnya setelah Drs. H. Muhammad Amin dilantik menjadi Pembantu Bupati Simeulue, upaya ini terus digulirkan dengan sungguh-sungguh dan terbukti pada tahun 1995 Gubernur Aceh menurunkan tim pemutakhiran data ke Simeulue yang diikuti
Kemudian pada tanggal 12 Oktober 1999 Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Ad Interim Faisal Tanjung meresmikan lahirnya Kabupaten Simeulue dan tanggal inilah yang dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Simeulue yang setiap tahunnya diperingati. Hampir seluruh penduduk kepulauan ini beragama Islam. Penduduk kawasan ini juga berprofil seperti orang Terdapat tiga bahasa utama yang dominan dalam pergaulan sehari-hari yakni bahasa Devayan, bahasa Sigulai, dan bahasa Leukon. Bahasa Devayan umumnya digunakan oleh penduduk yang berdomisili di Kecamatan Simeulue Timur, Teupah Selatan, Teupah Barat, Simeulue Tengah dan Teluk Dalam. Bahasa Sigulai umumnya digunakan penduduk di Kecamatan Simeulue Barat, Alafan dan Salang. Sedangkan bahasa Leukon digunakan khususnya oleh penduduk Desa Langi dan Lafakha di Kecamatan Alafan. Selain itu digunakan juga bahasa pengantar (lingua franca) yang digunakan sebagai bahasa perantara sesama masyarakat yang berlainan bahasa di Simeulue yaitu bahasa Jamu atau Jamee (tamu), awalnya dibawa oleh para perantau niaga dari Minangkabau dan Mandailing.
Masyarakat Simeulue mempunyai adat dan budaya tersendiri berbeda dengan saudara-saudaranya di daratan Aceh, salah satunya adalah seni Nandong, suatu seni nyanyi bertutur diiringi gendang tetabuhan dan biola yang ditampilkan semalam suntuk pada acara-acara tertentu dan istimewa. Terdapat pula seni yang sangat digemari sebagian besar masyarakat, seni Debus, yaitu suatu seni bela diri kedigjayaan kekebalan tubuh terutama dari tusukan bacokan pedang, rencong, rantai besi membara, bambu, serta benda-benda tajam lainnya, dan dari seni ini pulalah para pendekar Simeulue acap diundang ke mancanegara.

Pandangan Masyarakat Simeulue terhadap Bangsa Indonesia sangat baik, ditambah lagi dengan daerah Simelue tidak terkontaminasi dengan Gerakan Aceh Merdeka, akan tetapi bukan juga masyarakat Simeulue mengingkari perjuangan para pahlawan GAM untuk memisahkan diri dari Republik Indonesia. Secara sistematis masyarakat Simeulue sangat mendukng NKRI, karena NKRI adalah harga mati Bangsa ini. Masyarakat Simeulue memang sebagian besar tidak fasih dalam berbahasa Aceh yang asli, selayanknya tuntutan masyarakat Aceh termasuk Simeulue Ate Fulawan dikabulkan oleh pemerintahan RI untuk demi kesajahtraan bersama.
Banyak rumor yang beredar tentang pandangan adat dan masyarakat Aceh yang mengatakan bahwa “Aceh sangat tidak suka dengan NKRI” seutuhnya itu memang kita kurang memiliki data yang lengkap untuk memfonis Aceh dalam tuduhan itu. Para petinggi bangsaini sudah melakukan yang terbaik dalam berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan itu. Tidak hanya kita pandang dari masalah adat, akan tetapi kita pandang juga dari masalah timbal balik antara Aceh-Indonesia, seandainya kita hitung berapa jumlah nyawa para pahlawan yang Syahid dalam medan pertempuran antara kedua belah pihak ini. Kita tidak pernah memikirkan berapa banyak janda syuhada yang dilahirkan perang, dan berapa banyak anak yatim bertambah. Seharus nya Aceh-Indonesia manangis, akan tetapi kedua belah pihak malah mempertahankan argumennya masing-masing. Sungguh kita malu dengan Negara-negara lain.
Secara keseluruhan, Masyarakat simelue sangat mendukung gencatan senjata antara Aceh-Indonesia, karena mendatangkan banyak hikmah dari balik kejadian masa lampau itu. Kepala adat simeulue sangat mengapresiasikan perdamaian Aceh.
 Dari sektor peternakan simelue ikut menyumpak pajak, karena dijual keluar daerah bahkan kepasar mancanegara. Karena kerbau simeulue yang meski ukurannya kecil, namun rasa dagingnya lebih manis daripada kerbau di daratan Sumatera,  karena kualitasnya prima, harganya pun menjadi tinggi. Dan dari sektor perikanan dalam satu dasawarsa terakhir hasil pulau Simeulue yang sangat terkenal adalah Lobster (udang laut) yang cukup besar ukurannya dan telah diekspor ke luar daerah seperti Medan, Jakarta dan bahkan ke luar negeri hingga Singapura dan Malaysia. Serta dari sektor perkebunan Kabupaten ini terkenal dengan hasil cengkehnya dimasa lalu era tahun 1970 s/d 1990. Hasil perkebunan rakyat lainnya di antaranya adalah kopra yang berasal dari pohon kelapa yang tumbuh subur di sepanjang pantai Pulau Simeulue, selain itu ada perkebunan kelapa sawit milik Pemerintah Daerah bernama Perusahaan Daerah Kelapa Sawit (PDKS) yang terdapat di Kecamatan Teluk Dalam dan Teupah Selatan. Sedangkan hasil hutan yang menjadi sumber utama pabrik meubel di Cirebon, Jawa Barat adalah rotan. Diharapkan pula dalam tahun 2008 hasil perkebunan kelapa sawit murni milik rakyat dan swakelola Pemerintah Kabupaten Simeulue akan membuahkan hasil yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Simeulue.
yang paling membangkan dari kabupaten ini dan telah di survey Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Riset Geologi dan Kelautan Jerman (BGR) menemukan potensi minyak (hidrokarbon) dalam jumlah sangat besar di perairan timur laut Pulau Simeulue, Provinsi Aceh. Prediksi sementara jumlah kandungan minyak yang ada sekitar 107,5-320,79 miliar barel. "Temuan ini hasil riset kami dengan Kapal Riset Sonne, yang tujuan awalnya untuk mengetahui detail deformasi struktur geologi di daerah busur muka (fore arc) pasca tsunami 26 Desember 2004," kata Dr Yusuf Surachman, Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT, di Jakarta, Senin (11/2) seperti dikutip Antara. Dibandingkan dengan cadangan minyak bumi milik Arab Saudi yang volumenya mencapai 264,21 miliar barrel. Temuan itu, menurut Yusuf, sangat signifikan. Sedangkan nilai volume di perairan timur laut Pulau Simeulue itu dihitung minimal 17,1 x 109 m³ dan maksimal volume total 51 x 109 m³. "Perkiraan volume berdasar volume reservoir yang dihitung atas dasar sejumlah asumsi, yakni seismik dua dimensi, karbonat build-up berbentuk melingkar, faktor pengali elongasi antara 0,5-1,5 dan porositas 30 persen.
            Semua dari asil bumi dan laut diperuntuhkan semata terhadap bangsa ini sebagai perwujudan kesetiaan terhadap NKRI. Selayaknya pajak yang besar ini di peruntuhkan terhadap rakyat dan hendaknya dijauhkan dari tangan kotor (Tikus-tikus kantor) yang teramat rakus.

SKKD bahasa indonesia



Nama : Arif Rahman Hakim
Kelas : PPGT
Nim   : 1815128664

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas IV,

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan
1.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps 


1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
Berbicara
2.      Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat

2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Membaca
3.      Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai
Menulis
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat


4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)



    
Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.      Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun 

5.1   Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang dibacakan
5.2   Menirukan pembacaan pantun anak   dengan lafal dan intonasi yang tepat 
Berbicara
6.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berbalas pantun  dan bertelepon

6.1   Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2   Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
 
Membaca
7.      Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun

7.1   Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui membaca intensif   

7.2   Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

7.3   Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan, pengumuman, dan pantun anak


8.1   Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2   Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.3   Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun





Sinopsis

Pada suatu hari di desa Ppgt terdapat dua suku yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik, karena tidak ada bahasa pemersatu diantara kedua suku tersebut. Kemudian dari satu suku tersebut ada seorang putra mahkota pergi menuntut ilmu ke tanah Jawa. Karena kebingungan tidak dapat berkomunikasi dengan baik iapun tersisih dari populasi manusia. Terlintas dalam hati pemuda tersebut untuk mengubah persepsi orang dengan belajar yang giat. Singkat cerita pemuda itu berhasil di tanah Jawa dan membawa ilmu pulang ke tanah kelahirannya. Karena permasalahan bahasa di desa ia membuka sekolah untuk solusi permasalahan yang ada .

Skenario.

Pemuda : Assalamualaikum kepala suku….

Kepala suku : Wa’alaikumsalam, ada wahai anak muda yang gagah ?

Pemuda : terlebih dahulu saya minta maaf ke pada kepala suku,….. saya mempunyai ide untuk memecahkan permasalahan yang ada di desa ini.

Kepala suku : Apa ide yang terlintas dalam hatimu pemuda ?? sehingga engkau berfikiran bisa menyelesaikan permasalahn yang ada di desa kita ini !!!

Pemuda : Idenya adalah membangun sekolah wahai kepala suku …

Kepala suku : apa itu sekolah ???     tanya kepala suku dengan wajah yang kebingungan.

Pemuda : Sekolah itu adalah wadah pemersatu kepada generasi muda, karena diajarkan pengetahuan, etika, dan moral serta yang paling penting adalah bahasa kesatuan yang ada dalam Negara kita yaitu “bahasa Indonesia”

Kepala suku : apakah engkau yakin wahai anak muda dengan ide itu ??

Pemuda : saya sangat yakin kepala suku.

Setelah beberapa saat, sekolah itu pun dibangun. Kemudian sekolah itupun sukses dengan ide-ide yang dikembangkan oleh pemuuda tersebut.

Kepala suku : terima kasih wahai pemuda, karena idemulah desa ini bisa bersatu. Saya lupa nama kamu siapa ? dan kamu sekolah dimana di tanah Jawa wahai pemuda berhati mulia.

Pemuda : Nama saya “Arif Rahman Hakim”. Dahulu saya sekolah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jurusan PGSD.

Kepala suku : Apakah bisa lulusan dari sekolah di desa ini bersekolah di universitas itu wahai pemmuda ? tanya kepala suku dengan wajah yang sangat ingin tau.

Pemuda : dengan wajah yang tersenyum dia menjawab “Bisa” nanti saya akan urus para siswa disini untuk bisa bersekolah disana.

Kepala suku : terimakasih pemuda wassalamualaikum.

Pemuda : wa’alaikum salam.