Nama
: Arif Rahman Hakim
Kelas
: PPGT 2012
MK : IPA SD/Ujian Tengah Semester
Pengampuh
: Dra. Yeti
Auliaty,
M.Pd
A. Materi
Yang Digunakan
Ø Alat
pernafasan burung.
Ø Kelas
: 5
Burung bernapas dengan paru-paru. Selain paru-paru,
pernapasan pada burung juga dibantu oleh pundi-pundi (kantong) udara.
Pundi-pundi udara ini merupakan alat bantu pernapasan, terutama pada saat
terbang. Pada saat terbang, burung menyimpan udara di dalam pundi-pundi
tersebut Pada saat burung tidak terbang, pernapasannya dilakukan dengan cara
menghirup udara melalui hidung, tenggorok, paru-paru, dan pundi-pundi udara.
Pada paru-paru inila terjadi pengikatan oksigen dan pelepasan karbon dioksida
serta uap air. Pada saat terbang, burung bernapas dengan cara mengalirkan udara
yang ada di dalam pundi-pundi udara melalui gerakan sayapnya. Gerakan kedua
sayapnya inilah yang menyebabkan pundi-pundi udara mengembang dan mengempis
sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru.
B. Metode yang digunakan
Ø
Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And
Learning/CTL)
Pembelajaran
kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru atau pengajar
mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan
mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan
penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat
C. Langkah-langkah
Pebelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Ø
Guru mengucapkan salam waktu masuk
kelas
Ø
Guru mengkondidisikan kelas
sebelum pembelajaran dimulai agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
Ø
Guru membuka pelajaran dan berdo’a
sebelum pelajaran dimulai.
|
1 x 35
|
Kegiatan Inti
|
Ø
Guru menjelaskan materi apa yang
akan dipelajari tentang alat pernafasan burung.
Ø
Setelah guru menjelaskan materi
tentang kepada siswa, siswa diajak keluar kelas.
Ø
Siswa dibagi secara perkelompok
untuk melakukan pengamatan tentang alat
pernafasan burung.
Ø
Siswa membawa LKS (lembar kerja
siswa) yang dibagikan guru.
Ø
Siswa melakukan pengamatan untuk
mengumpulan informasi-informasi dengan menggunakan semua indera atau memakai
alat untuk membantu indera
Ø
Siswa mengamati dan
mencatat apa yang mereka temukan tentang alat pernafasan hewan/burung
Ø
Siswa mengamati
alat-alat pernafasan burung :
a.
Hidung
b.
Tenggorokan
c.
paru-paru
d.
dan pundi-pundi udara.
Ø
Siswa Menafsirkan
pengamatan (interpretasi) Untuk dapat menafsirkan pengamatan, siswa harus dapat
mencatat setiap pengamatan tentang alat-alat pernafasan burung.
Ø
Siswa menghubung-hubungkan pengamatannya sehingga
ditemukan pola atau keteraturan dari suatu segi pengamatan yang dilakukannya.
Ø
Siswa mengelompokkan (klasifikasi) Dalam proses
pengelompokan tercakup beberapa kegiatan seperti mencari tahu fungsi dari pundi-pundi udara yang digunakan
burung saat terbang.
Ø
Siswa mencari dasar penggolongan tentang pernafasan hewan/burung.
Ø
Siswa harus dapat berdiskusi dalam kelompok
masing-masing
Ø
Siswa menyusun dan
menyampaikan laporan tentang kegiatan yang dilakukannya secara sistematis dan
jelas didalam kelas, atau dengan
presentasi di depan teman dan guru.
Ø
Siswa juga harus
dapat menggambarkan data yang diperolehnya dalam penelitian tentang pernafasan burung.
Ø
Siswa yang lain mengajukan
pertanyaan- pertanyaan tentang alat penafasan burung padda
kelompok yang meliti tentang pernafasan burung.
Ø
Siswa menyimpulkan materi penelitian tentang pernafasan
burung.
|
1x35
|
Penutup
|
Ø Siswa melakukan tanya-jawab
sesuai dengan materi.
Ø Siswa mengerjakan tugas
evaluasi dari materi.
Ø Siswa mendapat tugas (PR).
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar